Sunday, 15 April 2018

Diet yang salah dapat menaikkan berat badan

SHARE
Puasa bagi sebagian orang dimanfaatkan sangat baik untuk menurunkan berat badan, bahkan tidak sedikit orang yang sangat senang hasil yang diperoleh selama berpuasa sehingga lupa bahwa berat badan yang turun secara cepat juga sangat mudah naik bahkan lebih parah dari sebelumnya.

Berdasarkan Sergio Diez Alvarez dari University of Newcastle, Australia, tubuh secara alami akan melawan penurunan berat badan. Oleh karena itu, segala kondisi yang berkaitan dengan turunya berat badan dianggap musuh, sehingga tubuh secara otomatis akan melakukan kegiatan yang mencegah berat badan tidak turun dalam jumlah drastis.

“Kontrol berat badan didasarkan pada keseimbangan antara konsumsi kalori masuk dan energi yang dikeluarkan, dengan pusat kendali di otak yakni di hipotalamus,” jelas Alvarez, yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (22/6/2016).

Baca juga: Menu ideal berbuka puasa

Alvarez juga menjelaskan, hipotalamus memberikan sinyal masuk pada tubuh (seperti sinyal hormonal) dan bagian lain dari otak juga berperan mengontrol berat badan dengan mengendalikan rasa lapar dan kenyang. Kondisi ini juga berkaitan dengan bagian lain dari otak yang mengontrol metabolisme seperti kelenjar pituitari dan sistem saraf simpatik.

“Tubuh memiliki semacam sinyal pertanda lapar untuk mencegah terjadinya penurunan berat badan yang signifikan. Ketika seseorang tetap melanjutkan hingga beratnya turun, orang tersebut justru akan merasa sangat lapar untuk mengompensasi penurunan metabolisme dan energi tubuh,” jelas Alvarez.

Oleh sebab itu, ia lebih menganjurkan Anda untuk konsisten menerapkan gaya hidup sehat jika ingin menurunkan berat badan. Akan jauh lebih baik jika berat badan turun sedikit demi sedikit dalam jangka waktu lama, dibandingkan turun drastis dalam waktu singkat.

Jadi apakah ada cara untuk menurunkan berat badan tanpa berisiko mudah naik kembali? Alvarez menjelasakan beberapa jenis olahraga seperti latihan angkat beban untuk mempertahankan massa otot bisa membantu.

“Namun cara ini kadang tak juga ampuh. Jadi lebih baik Anda mengombinasikan antara memilih pola makan sehat dan tetap rutin olahraga. Direkomendasikan untuk menurunkan berat badan secara bertahap, paling tidak 0,5-1 kg per pekan,” pesannya.
"---SHARE---" "---KONGSI---"

Author: verified_user

0 comments:

Google+ Followers